Tunjukanlah Bukti Patuh Setiamu Pada Allah Pada Rasulullah dan Ulil Amrimu Tepatnya Ulil Amri Islam, Itulah Jihad Fisabilillah

Jumat, 18 Desember 2009

MA’RIFATUL QUR’AN

MA’RIFATUL QUR’AN



I. PENGERTIAN AL-QUR’AN

Al-Qur’an berasal dari kata : ( Qoroa, Yaqrou, Qur’ana, Qiro’atan ) berarti bacaan,
Al-Qur’an adalah kalamullah yang mulia dan terpelihara yang diturunkan oleh Allah lewat perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam bahasa Arab, terdiri dari 30 Juz, agar ia menjadi peringatan untuk seluruh manusia.

Sebagaimana Firman Allah Qs. Al-Waqi’ah : 75-80
Artinya :
75. Maka Aku bersumpah dengan masa turunnya bagian-bagian Al-Quran
76. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui
77. Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia,
78. pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh).


Sebagaimana Firman Allah Qs. Asy-Syuara : 7
Artinya :
7. Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya[1339] serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.
[1339]. Maksudnya: penduduk dunia seluruhny

Adapun secara Sar’i, Al-Qur’an adalah Hudalinnas, Bayyinat, Minalhuda dan Firqon

Sebagaimana Firman Allah Qs. Al-Baqoroh : 185
Artinya :
Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
Yang dimaksud HUDA ialah gambaran huruf dan lafaz yang jelas dan tegas yang termaktub di dalam Al-Qur’an 30 Juz, dan BAYYINAT adalah gambaran huruf huruf yang kongrit, yaitu ayat-ayat kauniyah, sedangkan FURQON adalah yang memisahkan dua hal yang berbeda sebagai kesimpulan dari makna-makna HUDA dan BAYYINAT.

Segitu aja duluyah? Nulisy cuapee nti di sambung!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

AKSI NYATA MODUL 3.3 GURU PENGGERAK

AKSI NYATA MODUL 3.3 GURU PENGGERAK