Tunjukanlah Bukti Patuh Setiamu Pada Allah Pada Rasulullah dan Ulil Amrimu Tepatnya Ulil Amri Islam, Itulah Jihad Fisabilillah

Rabu, 09 Desember 2009

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
SMP-IT AMANAH KEC.CIRUAS-SERANG


Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP-IT AMANAH)


A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMP/MTs bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.


D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester I
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al-Qur’an
1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah


1.1 Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

Aqidah
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya


2.1 Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT

3. Memahami Asmaul Husna
3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji

4.1 Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar


Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Fiqih
5. Memahami ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci)
5.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi wajib
5.2 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis

6. Memahami tatacara shalat
6.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib
6.2 Memperaktikkan shalat wajib

7. Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri)

7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid
7.2 Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid
Tarikh dan kebudayaan Islam
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW



8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa


Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al-Qur’an
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
Akhlak
11. Membiasakan perilaku terpuji


11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti
11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti





Fiqih
12. Memahami tatacara shalat Jum’at




12.1 Menjelaskan ketentuan – ketentuan shalat jum’at
12.2 Mempraktekkan shalat jum’at

13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar

13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qashar
13.2 Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar




Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Tarikh dan Kebudayaan Islam
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW






14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
14.3 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah


Kelas VIII, Semester I
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al-Qur’an
1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra


1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Aqidah
2. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah



2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
2.3 Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
Akhlak
3. Membiasakan perilaku terpuji


3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal
3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakkal
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.



4. Menghindari perilaku tercela






4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.2 Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.

Fiqih
5. Mengenal tatacara shalat sunnat

5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib
5.2 Memperaktikkan shalat sunnat rawatib



Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

6. Memahami macam-macam sujud



6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

7. Memahami tatacara puasa


7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib
7.2 Memperaktekkan puasa wajib
7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
7.4 Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah

8. Memahami zakat



8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
8.4 Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
Tarikh dan Kebudayaan Islam
9. Memahami Sejarah Nabi



9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
9.2 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah


Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al-Qur’an
10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf

10.1 Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf
10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3 Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
Aqidah
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah


11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah
11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah
11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW
Akhlak
12. Membiasakan perilaku terpuji


12.1 Menjelaskan adab makan dan minum
12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum
12.3 Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari

13. Menghindari Perilaku tercela



13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik
13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik
13.3 Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari

14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan

14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
14.2 Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.



Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Tarikh dan Kebudayaan Islam
15. Memahami sejarah dakwah Islam



15.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.


Kelas , IX Semester I
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al-Qur’an dan Al-Hadits
1. Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin

1.1 Membaca QS At-Tin dengan tartil
1.2 Menyebutkan arti QS At-Tin
1.3 Menjelaskan makna QS At-Tin

2. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu


2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut ilmu
2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits
Aqidah
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir



3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir
3.2 Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji


4.1 Menjelaskan pengertian qana’ah dan tasamuh
4.2 Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh
4.3 Membiasakan perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Fiqih
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan

5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban




Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

6. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah


6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah
6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah
Tarikh dan Kebudayaan Islam
7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara



7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
7.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi

Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Al-Qur’an dan Al Hadits
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah


8.1 Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
8.2 Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS Al-Insyirah

9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan

9.1 Membaca hadits tentang kebersihan
9.2 Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan
9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar


10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar
10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadhar
10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari
10.4 Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.
Akhlak
11. Menghindari perilaku tercela



11.1 Menyebutkan pengertian takabbur
11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabbur
11.3 Menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari



Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Fiqih
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah



12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid
12.3 Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara



13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.



E. Arah Pengembangan
Srtandar kompetensi dan dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompotensi untuk penilaian. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.

Tidak ada komentar:

AKSI NYATA MODUL 3.3 GURU PENGGERAK

AKSI NYATA MODUL 3.3 GURU PENGGERAK